Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Usai Viral Pernyataan Kades Wanakerta, Ketua Jurnalis Tangerang Raya Konsultasi ke Dewan Pers

Usai Viral Pernyataan Kades Wanakerta, Ketua Jurnalis Tangerang Raya Konsultasi ke Dewan Pers

REKONFUNEWS.COM, TANGERANG – Beredarnya rekaman digroup -group wartawan (Voice not) Pernyataan Lurah Wanakerta Tumpang Sugian bernada menghina dan mengancam wartawan dan LSM menuai kecaman.

Beberapa organisasi wartawan lokal turut mengecam pernyataan oknum Kades termasuk Jurnalis Tangerang Raya (JTR)
Sebelumnya Ketua JTR Ayu Kartini meminta arahan sekaligus berkonsultasi.ke Wakil Ketua Dewan Pers Henry CH Bangun terkait pernyataan kades yang viral tersebut .
Dari percakapan itu, Wakil Ketua Dewan Pers memberikan pandangannya tentang rekaman pernyataan tersebut.

BACA JUGA :   Kapolres Demak Bersama Forkopimda Melakukan Cek Peternakan Sapi dan Kerbau

“Jadi begini, Menurut saya kemungkinan Kades tersebut pernah diperlakukan secara tidak baik oleh oknum wartawan. Sehingga Kades tersebut menganalisir atau menyamaratakan semua wartawan itu tidak bagus. Untuk itu Dewan Pers mengimbau agar organisasi kewartawanan harus menunjukan bahwa kerja wartawan itu profesional dan sesuai aturan.

Dia berpesan agar dalam mencari informasi wartawan itu tidak mengintimidasi dan tidak menakut-nakuti narasumber. Tapi, jika wartawan tersebut sudah melakukan tugas dengan profesional dan sesuai Kode Etik Jurnalis [KEJ] tapi tetap diancam seperti ini laporkan saja ke Dewan Pers.

BACA JUGA :   Pasang Foto Profil Anda untuk ucapkan Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Medsos Anda

“Terkait hal ini saya mengimbau agar jangan menyamaratakan semua wartawan. Karena Wartawan yang taat Kode etik dan menjalankan profesi dengan baik itu juga banyak”singkat Henry sambil menutup pembicaraan Minggu (6/3/22).

5297341988

Usai mendapat arahan tersebut Ketua JTR mendesak agar Kades Wanakerta meminta maaf secara resmi melalui Konferensi Pers.
Diketahui sebelumnya viral beredar dikalangan group-group WhatsaAp wartawan. Rekaman suara (Voice not) pria yang belakangan diketahui oknum Kades Wanakerta Tumpang Sugian dan inilah pernyataan dalam rekaman tersebut :

“Kepala Desa angkatan tanggal 10 bulan 10 bukan kepala desa kaleng kaleng. Kepala Desa Baja full, Baja Krakatau Steel. Wartawan LSM lewat, kalau mau diberi lima puluh ribu diamplop silahkan, Kalau tidak mau akan saya tunjukan ketika saya dididik di Pusdikif Cimahi Bandung. Wartawan LSM Jangan macam-macam ke LTS (Lurah Tumpang Sugian-Red) ujar pria dalam rekaman suara tersebut. (Red)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :   SMSI Pohuwato Matangkan Persiapan Pelantikan
Bagikan Artikel :