Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Sukses Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkab Pohuwato Raih Penghargaan APE 2023

Rekonfunews.com, Pohuwato – Berhasil dalam pencapaian serta mewujudkan dan memprakarsai program kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan yang tercermin dari program kegiatan dari pusat hingga daerah, maka Kabupaten Pohuwato meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Penganugerahan penghargaan Parahita Ekapraya Tahun 2023 dilaksanakan secara daring, Selasa, (19/12/2023). Kabupaten Pohuwato meraih penghargaan Nasional Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya tahun 2023.

Kabupaten Pohuwato merupakan satu diantara tiga daerah yakni Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo penerima penghargaan di Provinsi Gorontalo.

Diketahui, Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan yang telah dilakukan sejak tahun 2004.

BACA JUGA :   Panitia Pilkades Sriwulan Tebang Pilih Laksanakan Surat Edaran Sekda Demak Nomor 141.1/1689

“Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil evaluasi penyelenggaraan PUG tahun 2022 yang telah disampaikan oleh kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. Pada tahun 2023, terdapat 360 Instansi (16 Kementerian/Lembaga, 28 Provinsi dan 316 Kab/Kota) yang telah melaporkan hasil evaluasi penyelenggaraan PUG melalui evaluasi mandiri”, jelas Plt. Kepala DP3AP2KB, Arman Mohamad.

Menurut Arman, dari hasil evaluasi mandiri dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan verifikasi akhir. Hasil verifikasi akhir terdapat 12 kementerian/lembaga, 25 provinsi dan 237 kabupaten/kota yang akan menerima Penganugerahan Parahita Ekapraya Tahun 2023.

“Alhamdulillah, Pohuwato berhasil meraih penghargaan nasional Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya Tahun 2023 dari Kementerian PPPA. Untuk itu, saya mewakili Dinas P3AP2KB menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati bersama ibu wakil bupati atas dukungannya, serta sekda dan seluruh pimpinan OPD, para camat atas penyajian data yang komprehensif dan komitmennya. Tak terlupakan pula kerja keras dan perjuangan tim pokja, para kabid dan staf di DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato”, ungkapnya.

BACA JUGA :   Tingkatkan Layanan, Pemkab Pohuwato dan Pemkab Parimo Teken MoU

Prestasi ini kata Plt. DP3AP2KB, Arman Mohamd, kita persembahkan kepada daerah Pohuwato tercinta diakhir tahun 2023 guna menambah semangat kerja dan sinergitas seluruh unsur pemerintah guna menyongsong Pohuwato yang sehat, maju, dan sejahtera.

Dengan pencapaian ini diharapkan pula dapat mempercepat penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terakhir, Asisten Pemerintah dan Kesra, Arman Mohamad menambahkan, ada 7 indikator yang menjadi fokus penilaian yakni, komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, sistem informasi, data terpilah, alat analisis gender dan partisipasi masyarakat. APE dilaksanakan sekali dalam 2 tahun terbagi 4 kategori yakni pratama, madya, utama, dan mentor.

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :   Berhasil Tekan Inflasi, Pemkab Pohuwato Dapat Bantuan insentif Pemerintah Pusat
Bagikan Artikel :