Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

KPU Tetapkan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati

Rekonfunews.com, Pohuwato – Aroma Pilkada Pohuwato mulai terasa, dinamika perpolitikan di Bumi Panua pun mulai memunculkan sejumlah nama yang mau mencalonkan diri dalam hajatan lima tahunan itu. Ada yang menggunakan kendaraan Koalisi Partai Politik, adapula yang berniat maju menggunakan jalur perseorangan (independen).

Berkaitan dengan itu, baru-baru ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, telah mengumumkan penetapan syarat minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato tahun 2024.

BACA JUGA :   Layanan Pindah Memilih Bakal di Tutup, KPU Pohuwato : Batas Hari Ini

Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, menjelaskan, bagi warga negara yang memiliki niatan untuk maju sebagai calon ataupun pasangan calon sudah bisa mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan jalur independen.

“Sudah bisa disiapkan, karena untuk syarat syarat minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan sudah ditetapkan kemarin,” ujar Firman saat dihubungi, Ahad (7/4/2024) kemarin.

Lanjutnya, KPU telah menetapkan syarat minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati pohuwato tahun 2024 sebanyak 11.147 dukungan dengan sebaran minimal sebanyak 50 persen kecamatan.

BACA JUGA :   Pendaftaran Bacaleg Pohuwato Ditutup, 15 Parpol Lanjut Verifikasi

“Untuk perhitungan Syarat Minimal dan Persebaran Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan sebagaimana dimaksud dalam Diktum kesatu itu berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum terakhir,” bebernya.

Untuk pemenuhan persyaratan tersebut, ditambahkan Firman, KPU membuka ruang kepada masing-masing bakal calon untuk memenuhi persyaratan sampai pada 19 Agustus mendatang.

“Artinya, bagi siapa saja warga negara yang berkeinginan maju di Pilkada dengan jalur perseorangan, sudah bisa melakukan pemenuhan syarat yang kemudian diserahkan ke KPU. Untuk jadwal pemenuhanya mulai 5 April sampai 19 Agustus,” pungkasnya.

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :   Ratusan CS, Gotong Royong Bersihkan Gedung Kantor Bupati Pohuwato
Bagikan Artikel :