Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Harga Bawang dan Cabai Merah Bakal Naik Bulan Ini

Harga Bawang dan Cabai Merah Bakal Naik Bulan Ini

REKONFUNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, harga barang kebutuhan pangan pada Maret 2022 masih relatif stabil. Namun, dia tidak bisa memungkiri adanya beberapa komoditas bahan pangan yang kemungkinan bakal melambung terus pada bulan ini.

“Secara umum barang kebutuhan pokok relatif stabil, yang beberapa komoditi memang mengalami kenaikan harga cukup signifikan dibanding bulan lalu,” kata Oke Nurwan dalam sesi webinar, Sabtu (5/3/2022).

BACA JUGA :   Polri Awasi 17 Ribu Pasar Pastikan Ketersediaan dan Harga Minyak Goreng Terjaga

Oke merinci, kenaikan harga terus terjadi untuk komoditas bawang merah, cabai merah keriting atau cabai merah besar, cabai rawit merah, hingga kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe.

Secara rata-rata nasional, bawang merah mengalami kenaikan signifikan hampir 20 persen, menjadi Rp 37 ribu per kg. Senada, Cabai merah keriting naik 45 persen jadi Rp 50.500 per kg.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Gelar Jamuan Santap Malam KTT Ke-43 ASEAN

“Cabai merah besar naik 38 persen jadi Rp 47.300 per kg, dan cabai rawit merah naik 43 persen. Kedelai naik 7,5 persen jadi Rp 11.500 di tingkat pengrajin dan di tingkat eceran di atas Rp 13.000 per kg,” bebernya.

5297341988

Khusus untuk bawang merah, Oke menilai, lonjakan harganya hanya bersifat sementara, oleh karena tanaman di sentra produksi banyak yang rusak akibat penghujan yang tinggi saat panen.

BACA JUGA :   TNI-Polri dan Kemenkes Gelar Baksos Kesehatan di Banten

Alhasil, produktivitas bawang merah turun sekitar 50 persen menjadi hanya 4 ton per hektar saja. “Hal ini menyebabkan harga bawang merah di atas harga acuan pemerintah, yaitu Rp 32.000 per kg,” ujar Oke. (Red)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :