Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Dua Oknum Aparat Desa Pohuwato Timur Diduga Lakukan Pungli

Dua Oknum Aparat Desa Pohuwato Timur Diduga Lakukan Pungli

REKONFUNEWS.COM, POHUWATO – Dua Oknum Aparat Desa Pohuwato Timur Diduga Lakukan Pungli. Praktek pungli yang kerap terjadi dengan berbagai macam modus kini kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, tepatnya di Desa Pohuwato Timur.

Menurut laporan dari salah satu masyarakat, kegiatan praktek pungli ini dilakukan dengan bermoduskan biaya administrasi atas jasa pembuatan surat keterangan usaha.

BACA JUGA :   Adut Mulut, Mediasi Karyawan PETS dan Karyawan Apotek Alexa Berakhir Damai

Sumber Dok : Rekonfunews.com

“Pada saat saya sedang mengurus surat keterangan usaha di kantor desa, saya di temui oleh dua aparat desa dan saya diminta untuk mengurus surat tersebut melalui jalur mereka dengan biaya administrasi sebesar dua puluh ribu,” ungkap Indria Toe, Jumat (10/06/2022).

Disela itu, jika merujuk pada sebuah aturan, yakni Permendesa PDTT No. 1 Tahun 2015 tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa, jelas tidak diperbolehkan.

BACA JUGA :   Pastikan Irigasi Persawahan Lancar, Bupati Saipul Tinjau Pengerukan Sedimen di 2 Desa
5297341988

Pasalnya, tindakan dengan pemungutan biaya balas jasa berupa sebungkus rokok, gula, kopi sebagai ucapan terima ataupun uang ganti tinta, ganti kertas, dan sebagainya sudah dianggarkan melalui APBDes, yang masuk pos belanja operasional kantor dan makan minum yang tiap tahunnya didanai menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

(Taufik)

 

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :   Peringati Hari Santri Pemkab Karanganyar Gelar Apel Akbar Hari Santri Nasional
Bagikan Artikel :