Banner IDwebhost
Banner IDwebhost

Bupati Sebut Pelatihan Berbasis Kompetensi Merupakan Solusi Ciptakan SDM Terampil

Bupati Sebut Pelatihan Berbasis Kompetensi Merupakan Solusi Ciptakan SDM Terampil

REKONFU NEWS, POHUWATO Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, sebut pelatihan berbasis kompetensi adalah salah satu solusi untuk menciptakan SDM yang terampil dan siap menghadapi dunia kerja serta mampu mengurangi pengangguran.

“Pemberdayaan angkatan kerja melalui BLK merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas angkatan kerja, khususnya bagi masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan SMP, SMA dan S1,” jelas Bupati Saipul, saat membuka pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi UPTD balai latihan kerja (BLK) Pohuwato, di Aula Unipo, Rabu (2/3/2022).

BACA JUGA :   History Bahagia Kepulangan Atlet Peraih Medali Emas Sea Games Vietnam 2021 Di Pohuwato

Selanjutnya, UPTD BLK Pohuwato merupakan salah satu instrumen lembaga pemerintah untuk pengembangan SDM yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja produktif dengan berbagai kurikulum dan program pelatihan yang telah disusun berdasarkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).

Terakhir, atas nama pemerintah daerah, Bupati Saipul Mbuinga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi khususnya UPTD BLK Pohuwato yang telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui BLK Makassar sebagai BLK binaan.

Sebelumnya, Kepala BLK Pohuwato, Ferny Deity Lengkong menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan Direktorat Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas melaksanakan program pendidikan dan pelatihan vokasi pada UPT, dalam hal ini Kabupaten Pohuwato.

BACA JUGA :   Grebek Lokasi Peti Dengilo, Polres Pohuwato Amankan 4 Unit Alat Berat Excavator
5297341988

Selain persiapkan tenaga kerja, tujuan program kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi pemerintah daerah yang mewujudkan masyarakat yang produktif dan inovatif.

Menurut Ferny, pelatihan berbasis kompetensi (PBK) tahap I terdiri 3 kejuruan yaitu kejuruan otomotif motor injeksi, garmen yaitu menjahit pakaian dengan mesin, computer, operator assistant (COA) 2 kejuruan dan Listrik yaitu pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana.

Pelatihan Procecing Mobile Training Unit (MTU) pengolahan buah dan pengolahan ikan tersebut, akan dilaksanakan selama 30 hari dan akan dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Lomuli Kecamatan Lemito dan Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia. Dengan instruktur dari BLK Disnaker Pohuwato dan dosen dari Universitas Pohuwato.

BACA JUGA :   Gubernur Ansar Pimpin Rakor FKPD Provinsi Kepri

Dalam kegiatan tersebut, Bupati didampingi Plt. Kadis Nakertrans, Fikri Adam dan di hadiri Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Edi Sijaya.

(Piko)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :