Banner IDwebhost
Banner IDwebhost
DAERAH  

Bupati Saipul Ikuti Adat “Tulude” di Desa Londoun

Bupati Saipul Ikuti Adat "Tulude" di Desa Londoun Sebagai Tanda Kekayaan Budaya Indonesia

RekonfuNews.com – Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama rombongan mengikuti upacara adat Tulude, di Desa Londoun, Kecamatan Popayato Timur, Selasa (1/02/2022).

Hal ini membuktikan kekayaan budaya Indonesia masih terjaga, termasuk diantaranya upacara adat tulude yang merupakan warisan leluhur masyarakat kepulauan nusa utara.

Kedatangan bupati bersama rombongan disambut dengan adat suku sangihe sejak turun dari mobil menuju tempat upacara adat di panggung kesenian Desa Londoun.

Dalam sambutannya, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menyampaikan Jika merujuk pada sejarah, maka keberadaan etnis Sangihe Talaud yang mendiami dan hidup berdampingan dengan masyarakat Gorontalo sudah cukup lama dan memiliki ikatan persaudaraan dan sejarah yang panjang.

BACA JUGA :   Meski di Luar Pohuwato, Warga Penderita Tumor Asal Patilanggio Diatensi Bupati Saipul

“Keberadaan etnis masyarakat kepulauan nusa utara hampir ada di seluruh wilayah Pohuwato. Dan yang terbanyak dan membentuk komunitas desa ada di dua tempat yakni Desa Londoun Kecamatan Popayato Timur dan Desa Karangetang Kecamatan Dengilo,” ungkap Bupati.

5297341988

Selain itu, Bupati Saipul mengatakan ini merupakan keunikan yang patut kita banggakan. Dimana kata “Tulude” dalam bahasa sangihe adalah menolak. Hal yang sama dalam makna bahasa gorontalo bahwa “Tulude” berarti menolak atau mendorong.

Dua rumpun bahasa yang dipakai oleh masyarakat yang mendiami wilayah dibentang lengan utara pulau sulawesi ini, tentu saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Olehnya kesamaan makna ini semakin membuat kita saling menguatkan antara satu dengan lainnya sebagai sesama masyarakat kabupaten pohuwato tercinta.

BACA JUGA :   Datangi Bupati, Kepala Bandara Pogogul Sampaikan Proges Pekerjaan Bandar Udara Pohuwato

“Suatu hal yang mengagumkan bagi kita bahwa semangat kebersamaan warga sangihe talaud diperantauan sangatlah kuat dan terpelihara dengan baik. Ini merupakan bukti warisan budaya para leluhur tetap dipertahankan,” jelas Bupati Saipul.

Bupati Saipul juga mengucapkan rasa Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah desa Londoun, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat didesa londoun.

“Saya sangat berterimakasih, atas kebersaman dalam membangun desa serta memelihara dan merawat kebersamaan untuk persatuan dan kesatuan dengan semua lapisan masyarakat sebagai satu kesatuan warga desa londoun,” pungkas Bupati Saipul.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa didampingi Anggota DPRD Pohuwato, Kadis Pendidikan, Ikbar AT. Salam dan Kadis Penanaman Modal, Mohamad R. Laisa.

BACA JUGA :   Bupati Saipul Bantu Pembangunan Masjid Baiturrahim Kecamatan Dengilo

(Fit)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :